Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2023): Januari-Juni 2023

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SEKOLAH DASAR

Nadra Hafizah Nadra (Unknown)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan STAD untuk mengkaji variasi hasil belajar siswa dalam matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan non-equivalent group dan desain quasi-eksperimental. 30 siswa kelas V SD Negeri 12 Bukit Cangang menjadi kelompok model Jigsaw untuk sampel penelitian, dan 30 siswa SD Negeri 01 Benteng Pasar Atas menjadi kelompok model STAD. Para siswa ini dipilih dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Pertanyaan pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analitik statistik inferensial (ttest polled variance). Temuan penelitian mengungkapkan bahwa model koperasi STAD dan model koperasi Jigsaw menghasilkan hasil belajar siswa yang berbeda untuk matematika (Thitung = 4,74 > Ttabel = 1,67155). Hal ini menunjukkan bahwa dari segi hasil belajar matematika, model kooperatif tipe Jigsaw lebih unggul dibandingkan model kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...