Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Bioterdidik

PENGARUH MODEL GI TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Sri Purwaningsih (Unknown)
Rini Rita T Marpaung (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2015

Abstract

This research was aimed to know the effect of group investigation model to students learning activity and students comprehension at SMA N 1 Sungkai Selatan. Samples were X.1 and X.2 that was chosen from population by cluster random sampling. This research design was pretest-postest non equivalent class. Quantitative data were obtained from the average of pretest and postest scores that were analyzed statically using t-test and U-test with SPSS 17. Qualitative data were students learning activity that were analyzed descriptively. The result showed improvement of students comprehension in experiment class has 30,04. This model also improved students learning activity from first meeting (62,50) to the second meeting (66,10). Thus, using group investigation model could improved significantly on students comprehension and learning activity.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.1dan X.2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postesyang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI pada kelas eksperimen meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dengan rata-rata N-gain 30,04. Model GI juga meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pertemuan I (62,50) ke pertemuan II (66,10). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa.Kata kunci : aktivitas belajar siswa, model pembelajaran GI, pencemaran lingkungan, penguasaan materi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...