Salah satu kewajiban dan tanggung jawab tenaga pendidik adalah mengevaluasi hasil belajar siswa dan membuat laporan hasil prestasi belajar siswa yang mengandung informasi diagnostik, yaitu informasi tentang kompetensi yang telah dikuasai dan belum dikuasai siswa. Permasalahannya adalah para guru menganggap bahwa pelaporan hasil tes diagnostik  cukup rumit dan membuat sebagian guru merasa kesulitan dalam membuat laporannya. Guru merasa bahwa untuk membuat laporan hasil prestasi belajar siswa dari tes diagnostik membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyelesaiannya, sehingga terkadang waktu yang seharusnya digunakan untuk pemberian remedial pada siswa juga dimanfaatkan untuk merampungkan laporan hasil prestasi belajar. Tujuan kegiatan adalah mengenalkan suatu program aplikasi yang dibuat dalam microsoft excel yang dapat memudahkan guru saat membuat laporan hasil prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan bagi guru tentang penggunaan program aplikasi dalam membuat laporan hasil prestasi belajar siswa. Hasil pelaksanaan pelatihan adalah para guru secara langsung dapat menerapkan penggunaan program aplikasi tersebut dan  merasakan kelebihannya, karena memudahkan dalam membuat laporan hasil prestasi belajar siswa yang dilengkapi dengan identitas kop surat sekolah, identitas guru pengampu mata pelajaran, nilai dari hasil penilaian, kompetensi yang dianggap tuntas dan tidak tuntas dan waktu atau tanggal pelaksanaan pemeriksaan dan pelaporan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022