Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 9: February 2023

PENGENALAN PERANGKAT TIK BAGI ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA PEMO

Kristina Sara (Universitas Flores)
Fransiska Teodosiana M.Lendu (Universitas Flores)
Anastasia Mude (Universitas Flores)
Elviana Kurniati (Universitas Flores)
Sandroanus Lamba Randu (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Kegiatan pengenalan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi anak-anak sejak sekolah dasar sangat perlu dilakukan. Hal ini agar anak-anak bisa mengetahui dan menggunakan perangkat teknologi dengan baik untuk menambahkan wawasannya mengenai ilmu pengetahuan, terutama berkaitan dengan materi yang telah disampaikan oleh bapak ibu gurunya di sekolah. Anak-anak sekolah dasar didesa Pemo selama ini menggunakan perangkat TIK, hanya handphone. Penggunaannya hanya sebatas untuk menerima telepon dan mengirim pesan.. Kegiatan ini dilakukan bagi anak-anak sekolah dasar yang berjumlah 8 orang. Tujuan dari kegiatan ini, agar anak-anak mampu mengenal dan menggunakan perangkat TIK sebagai sarana untuk belajar. Materi disajikan pada saat pengabdian antara lain: 1) mengenal perangkat TIK; 2) mengenal laptop; 3) mengetik di microsoft word; 4) mengakses internet menggunakan handphone dan laptop. Hasil setelah melakukan kegiatan pengabdian ini, anak-anak merasa senang, karena sudah mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan mengenai penggunaan TIK sebagai media belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...