Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 4, No 2 (2022): Agustus

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI PERGURUAN TINGGI

Deko Rio Putra (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Arini Julia (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini untuk menemukan dimensi lain bagaimana menjawab problematika pembelajaran di Perguruan Tinggi, agar lebih menarik (Aktif dan dinamis). Model ini melatih mahasiswa aktif berpikir kritis dengan mengamati isue kontemporel seputar pembelajaran dan menemukan solusi pemecahan yang konstruktif, sehingga kejenuhan/ kebosana dalam belajar dapat teratasi. Disamping itu dapat mengubah pola mengajar yang monoton menjadi lebih aktif dan dinamis sesuai kondisi kekinian. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka. Dimana tujuannya untuk menemukan dan menyimpulkan dimensi lain keunggulan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi. Hasil penelitian penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah cukup efisien dalam meningkatkan kecerdasan mahasiswa, mereka tidak hanya berkembang dari sisi intelektual, tetapi secara seimbang dari sisi emosional dan spiritual justeru dengan model pembelajaran ini mahasiswa tumbuh cepat lebih dewasa. Selain itu dosen dapat mengetahui lebih dalam bagaimana mindset berpikir mahasiswa, apakah sesuai dengan capaian pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional (Model ini mengungkap secara jernih pemikiran mahasiwa). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...