melihat gambaran implementasi teknologi informasi di perpustakaan. Film Indonesiadi era 2000-an menjadi objek yang menarik untuk dikaji dan dikaitkandengan perkembangan dunia perpustakaan di era milenium ketiga. Artikel inimengkaji implementasi teknologi informasi di perpustakaan yang direpresentasikandalam 5 (lima) judul film Indonesia yang rilis pada era tahun 2000-an.Menggunakan paradigma kajian budaya dan media, penelitian ini mengkajibabak-babak dalam film tersebut yang menampilkan adegan berlatar perpustakaanyang memuat gambaran implementasi teknologi informasi. Metodeyang digunakan untuk menganalisis sumber data adalah Analisis WacanaKritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi perpustakaan dalamfilm-film Indonesia yang dikaji masih dipengaruhi wacana mengenai perpustakaantradisional. Wacana tersebut masih terus menerus direproduksi dandikukuhkan melalui representasi dalam film. Tidak ada upaya pembaharuanwacana mengenai perpustakaan digital atau perilaku pengunjung yang sesuaidengan era milenium ketiga. Kalaupun ada komputer atau perangkat teknologiyang muncul dalam latar, nampak sebatas simbol untuk memperkaya unsurdekoratif film. Keberadaan teknologi dan budaya digital yang sudah menjadibagian dari perpustakaan, ternyata tidak dianggap sebagai hal yang penting
Copyrights © 2017