Media Bina Ilmiah
Vol. 17 No. 7: Februari 2023

MEDAN MAKNA TAKARIR PRODUK ENDORSEMENT SELEBGRAM

Roni Nugraha Syafroni (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Mempromosikan sebuah produk sebagai salah satu caranya adalah melalui iklan. Cara ini masih merupakan cara efektif dan efisien untuk memperkenalkan produk. Iklan juga dapat melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang banyak dikenal oleh masyarakat. Hal inilah yang memunculkan istilah selebritas Instagram atau selebgram. Penelitian ini menganalisis medan makna yang terdapat di dalam takarir foto-foto produk endorsement selebgram Shannon Wong dan Michelle Ziudith. Foto-foto tersebut, Peneliti unduh dari akun resmi Instagram masing-masing selebgram. Topik penelitian ini menarik, karena menggabungkan teori medan makna dengan dunia teknologi informasi. Kemudian, tujuan penelitian ini adalah menganalisis medan makna yang terkandung di dalam takarir produk endorsement kedua selebgram. Kemudian, metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis, menggunakan bantuan teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, medan makna, yang berasal dari teori semantik, dapat bermanfaat saat menganalisis takarir produk endorsement selebgram. Di dalam penelitian didapat hasil takarir produk endorsement, yaitu produk endorsement yang berkaitan dengan aplikasi android, layanan top up game, market place, aksesoris rumah, perawatan kulit, dan perawatan rambut yang berjumlah total enam foto.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...