Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK
Vol. 3 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023

Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Bibit Tanaman Pada Kelompok Tani Dwi Warna

Badrul Anwar (STMIK Triguna Dharma)
Rini Kustini (STMIK TRIGUNA DHARMA)
Sri Kusnasari (STMIK TRIGUNA DHARMA)
Puji Sari Ramadhan (STMIK TRIGUNA DHARMA)
Ardianto Pranata (STMIK TRIGUNA DHARMA)
Tria Khairunisa (STMIK TRIGUNA DHARMA)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Indonesia adalah negara agraris dengan penduduk yang hampir bermayoritas mata pencaharian di bidang pertanian. Mayoritas pelaku usaha tani pembibitan di indonesia masih menggunakan teknologi tradisional. Perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh memperketat persaingan perusahan sejenis baik perusahaan nasional ataupun perusahaan multinasional. Maka untuk bersaing merebutkan pasar, baik pasar nasinoal maupun internasional, perusahaan harus bijak dalam melihat setiap peluang yang ada dan meminimalisir terjadinya kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Instrumen utama dalam penelitian kualitatif ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Shopee Salah satu daya tarik masyarakat yang paling utama di E-commerce adalah aplikasi shopee, dimana harga, jarak, dan kualitas lebih bagus dibanding aplikasi lain, maka dari itu dalam penelitian ini menggunakan aplikasi shopee dalam memasarkan bibit tanaman bangun sari. Selain digital marketing, pemasaran melalui offline adalah hal yang sangat penting dimana tidak semua masyarakat memiliki akses berbelanja secara online. Pembuatan spanduk yang akan di paparkan di depan jalan dimaksudkan agar masyarakat luas dapat melihat berbagai bibit tanaman yang dijual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

adbimasiptek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal for publication of the results of Community Service Based on the Application of Science and Technology. The journal provides direct open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of ...