Hasil belajar matematika masih belum semuanya mencapai KKM karena pemahaman tentang matematika belum dijelaskan dengan mudah. Sehingga perlu memaksimalkan penggunaan model dan media yang disenangi dan mudah dipahami dalam penerapan konsep-konsep pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi terhadap hasil belajar kelas V SD. Jenis penelitian yakni eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas V SD sebagai kelompok eksperimen serta kelas V SD sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uj-t. Nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok eksperimen adalah 0,580 lebih dari nilai rerata gain skor hasil belajar matematika kelompok kontrol yaitu 0,350. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sama dengan 38,92742 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sama dengan 1,99547, sehingga thitung lebih dari ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Simpulan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SD.
Copyrights © 2022