Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): January

Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD

Dewi, Kadek Budi Apsari (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Think Pair Share berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V SD di Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud yang berjumlah 150 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu sebesar 73,57 dan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 64,05. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis dilengkapi rubrik penilaian. Data yang dikummpulkan dianalisis dengan uji-t poleed variance. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung sama denganĀ  4,435 lebih dari ttabel sama dengan 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Think Pair Share berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...