Pembelajaran abad 21 menekankan pada keterampilan literasi, penguasaan teknologi, pengetahuan, serta keterampilan dan sikap. Penguasaan literasi memerlukan upaya untuk meningkatkan daya saing di era pembelajaran abad 21. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kegiatan literasi baca tulis di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21 terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan rancangan non aquivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, didapatkan kelompok eksperimen yang berjumlah 60 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Rata-rata skor keterampilan HOTS siswa di kelas eksperimen adalah 79,78 berada pada kategori baik dan di kelas kontrol 67,55 berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21 terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Copyrights © 2022