Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2022): May

Perangkat Pembelajaran Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Handayani Putri, Made Selly (Unknown)
I Made Tegeh (Unknown)
I Made Suarjana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis phenomenan base learning, kevaliditasan perangkat pada ahli, kepraktisan pada praktisi atau guru pengembangan perangkat dan keefektivitasan pada siswa perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pada siswa kelas 4 muatan (IPAS) Sains dan sosial di SD Negeri 1 Penarukan.  Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Pada penelitian pengembangan ini, terdapat dua jenis data yang akan dikumpulkan yang akan diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu perangkat yang dihasilkan bersifat valid yang dari hasil penilaian ahli, praktisi dan uji coba kepada siswa. Pengujian validitas dalam penelitian pengembangan ini ditinjau dari tiga aspek pokok, yaitu Validitas yang diuji  oleh ahli materi pembelajaran dengan skor 97,39% untuk modul ajar dan 96,67% untuk LKPD, pengujian validitas perangkat pembelajaran menurut ahli desain pembelajaran dengan skor 93,84% untuk modul ajar dan 96% untuk LKPD, dan pengujian validitas perangkat pembelajaran menurut ahli media pembelajaran dengan skor 96% untuk modul ajar dan 95,38% untuk LKPD. Pengujian produk oleh seorang praktisi dengan kualifikasi sangat baik dan terbukti efektiv dan efektivitas dengan siswa dinyatakan efektiv dengan implikasi penelitian ini dapat meningkatkan kecakapan multiliterasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...