Kompetensi pengetahuan merupakan salah satu aspek yang harus dicapai dalam pembelajaran. Namun terkadang hal tersebut tidak dapat tercapai dikarenakan strategi pembelajaran yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster dalam pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu quasi experiment design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SD yang berjumlah 421 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel akhir yakni 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes dengan intrumen berupa tes kompetensi pengetahuan IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan media poster dapat meningkatkan pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.
Copyrights © 2023