Ekonomi dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, dan Terapan Teori
Vol. 25 No. 2 (2021): Ekonomi dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Ka

IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUKURAN KINERJA DIVISI MARKETING PT Z

Stefanus Rianto (Unknown)
Liliana Inggrit Wijaya (Magister Manajemen Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Perkembangan suatu organisasi bisnis dipengaruhi oleh produktivitas karyawannya sebagai aset yang membantu mencapai tujuan organisasi dengan melakukan proses bisnis. Setiap waktu organisasi akan selalu dibutuhkan perubahan demi mengikuti kondisi lingkungan eksternal yang ada. Pada situasi tertentu kinerja karyawan memungkinkan terjadi penurunan akibat banyak hal seperti lingkungan kerja yang kurang kondusif, banyak tekanan hingga pekerjaan yang monoton dan berulang hingga menimbulkan kejenuhan. Kualitas sumber daya manusia terbentuk berdasarkan kemampuan sistem yang dijalankan dalam perusahaan untuk mampu memotivasi supaya sumber daya manusia tersebut dapat memberikan performa terbaiknya bagi organisasi. Untuk memberikan motivasi tersebut beberapa perusahaan menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan metode gamifikasi. Metode gamifikasi yang dikemas menggunakan elemen permainan yang dirancang oleh perushaaan menyesuaikan dengan bidang usaha perusahaan, jobdesk karyawan yang ada, kondisi karyawan, dan faktor-faktor internal perusahaan lainnya sehingga sesuai dengan kebutuhan dari setiap divisi dari satu perusahaan tersebut. Metode ini diyakini mampu membantu meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mempermudah proses penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif dalam suatu perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomi dan Bisnis is a journal publisher that discusses a universal issue related to theories or techniques applied in economics, business and public ...