Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah seberapa besar perbedaan biaya pendidikan yang diterapkan oleh SMP Muhammadiyah 5 Terpadu Samarinda dengan metode perhitungan biaya pendidikan berdasarkan Activity Costing System. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat besaran perbedaan biaya pendidikan yang diterapkan oleh SMP Muhammadiyah 5 Terpadu Samarinda dengan perhitungan biaya pendidikan berdasarkan Activity Costing System.Activity Costing System adalah adalah salah satu alat perhitungan biaya dalam pendekatan ekonomi. Menurut pendekatan ekonomi tersebut, biaya merupakan cerminan aktivitas yang dilakukan entitas bersangkutan, sehingga rincian biaya merupakan rincian aktivitas dan prasarana pendukung aktivitas yang dibutuhkan.Untuk keperluan analisis dan pembahasan, penulis menggunakan alat analisis yaitu Activity Costing System.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan perhitungan biaya pendidikan (SPP) menurut SMP Muhammadiyah 5 Terpadu Samarinda sebesar Rp 1,200,000.00 Dan menurut hasil analisis sebesar Rp 1,214,581.00, sehingga selisihnya adalah sebesar Rp 14,581.00 Dan untuk perhitungan biaya pendidikan Non SPP sebesar Rp 3,000,000.00/tahun per siswa dan menurut hasil analisis sebesar Rp 4,613,724.72/tahun per siswa sehingga selisihnya adalah sebesar Rp 1,613,724.72.
Copyrights © 2019