Yayan Ardiansa, Analisis Metode Activity Costing System Dalam Penentuan Besaran Biaya Pendidikan Pada SMP YPK 1 Tenggarong dibawah bimbingan Ibu Hj. Yana Ulfah selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Ferry Diyanti selaku Dosen Pembimbing II.Yayasan Pendidikan Kutai merupakan yang bergerak dibidang pendidikan dan membawahi SMP, SMA, dan SMK YPK. Selama ini biaya pendidikan hanya ditentukan berdasarkan hasil rapat komite sekolah, sehingga permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah berapakah tarif SPP dan Non SPP yang seharusnya dibebankan apabilah menggunakan metode Activity Costing System dan seberapa besar perbedaan antara perhitungan yang selama ini digunakan SMP YPK 1 Tenggarong dengan metode Activity Costing System.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan jumlah biaya pendidikan yang diterapkan di SMP YPK 1 Tenggarong dengan jumlah biaya berdasarkan Activity Costing System, dan untuk menghitung jumlah biaya pendidikan yang seharusnya dibebankan berdasarkan metode Activity Costing System.Untuk keperluan analisis dan pembahasan, penulis menggunakan alat analisis yaitu Activity Costing System. Activity Costing System merupakan salah satu alat perhitungan biaya dalam pendekatan ekonomi, dan menurut pendekatan ekonomi tersebut biaya merupakan cerminan aktivitas yang dilakukan entitas bersangkutan, sehingga rincian biaya merupakan rincian aktivitas dan prasarana pendukung aktivitas yang dibutuhkan.Dari hasil penelitian yang dicapai menunjukan bahwa perhitungan biaya dengan menggunakan Activity Costing System menghasilkan hasil yang berbeda (hasil lebih kecil) dengan apa yang telah sekolah gunakan. Berdasarkan hasil analisis menunjukan perhitungan biaya pendidikan (SPP) menurut SMP YPK 1 Tengarong sebesar Rp 75.000 dan menurut hasil analisis sebesar Rp 60.244,24 sehingga menimbulkan selisih sebesar Rp 14.755,76 dan perhitungan biaya Non SPP/ Partisipasi menurut SMP YPK 1 Tenggarong sebesar Rp 200.000 dan menurut hasil analisis sebesar Rp 173.166,4 sehingga menimbulkan selisih sebesar Rp 26.833,6.Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang mencolok antara perhitungan biaya pendidikan menggunakan Activity Costing System dengan yang digunakan sekolah. perbedaan itu terjadi karena adanya pemisahan perhitungan yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung.
Copyrights © 2019