Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Vol 4, No 3 (2019): September

Faktor–faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia

Soraya Putri Aprillia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Irwansyah Irwansyah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Musviyanti Musviyanti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor – faktor likuiditas, leverage, pertumbuhan penjualan, perputaran modal kerja, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 17 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel serta periode penelitian ini yaitu dari tahun 2015 sampai dengan 2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari publikasi Indonesia Stock Exchange (IDX). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan leverage, perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is a scientific journal in the field of Accounting Science published four times a year (in Apr, June, Sept & Nov). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...