Game mobile online popular saat ini sudah banyak dikompetisikan dan masuk pada turnamen resmi esport (elektronik sport) salah satunya Mobile Legends: Bang Bang. Game yang mengutamakan strategi antar tim ini memiliki fitur voice dan chat untuk kemudahan interaksi dan koordinasi antar tim. Hal negative yang kerap timbul ketika pemain menggunakan fitur tersebut seperti cyberbullying lewat trash talking antar pemain. Fenomena ini muncul pada fitur yang harusnya memberi manfaat untuk meningkatkan permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena Trash Talking yang terjadi pada Game Mobile Legends bisa terjadi serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara pemain Mobile Legends itu sendiri sebagai subyek penelitian. Hasil yang ditemukan: 1. Fenomena trash talking terjadi pada game online mobile legends akibat emosi para pemain dalam permainan, 2. Trash talking tidak hanya terjadi pada pemain dewasa melainkan anak dibawah umur, 3. Ketidakefektivan fitur yang dibuat oleh Moonton bisa menyebabkan cyberbullying melalui trash talking.
Copyrights © 2022