Koperasi merupakan sebuah lembaga yang menunjang perekonomian masyarakat dan langsung bersentuhan dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Koperasi memberikan manfaat kepada anggotanya yaitu manfaat ekonomi dan manfaat non ekonomi. Manfaat ekonomi terdiri dari manfaat ekonomi langsung dan manfaat ekonomi tidak langsung. Manfaat non ekonomi berupa kepuasan anggota, diukur berdasarkan kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat ekonomi dan tingkat kepuasan yang dirasakan anggota koperasi terhadap pelayanan Koperasi LKMA Sido Jaya Abadi. Metode yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian ini yaitu anggota Koperasi LKMA Sido Jaya Abadi yang berjumlah 51 anggota yang diambil secara simple random sampling dari total anggota koperasi yang berjumlah 570 anggota. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret sampai April 2022. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan Total Manfaat Ekonomi dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan manfaat ekonomi langsung sebesar Rp 1.760.098,00 dan manfaat ekonomi tidak langsung sebesar Rp 2.936.078,00 sehingga total manfaat ekonomi koperasi yang diterima oleh anggota sebesar Rp 4.696.176,00 / tahun. Total Manfaat Ekonomi termasuk dalam kategori besar. Perhitungan CSI mendapatkan hasil 72,52% yang berarti bahwa tingkat kepuasan anggota koperasi berada pada kategori puas.
Copyrights © 2023