Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran karet anggota UPPB dan non anggota UPPB dengan menganalisis saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer share di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode survei yaitu dengan melakukan wawancara langsung kepada petani. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara pusposive sampling dengan kriteria petani yang tergabung dalam anggota UPPB dan yang tidak tergabung dalam anggota UPPB. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 60 petani, dimana 30 petani anggota UPPB dan 30 petani non anggota UPPB Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran karet dengan dua sistem yang berbeda yaitu melalui UPPB dan non UPPB. Saluran pemasaran I melibatkan petani, Unit pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) dan pabrik. Saluran pemasaran II melibatkan petani, pedagang pengumpul dan pabrik. Saluran pemasaran III melibatkan petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pabrik. Efisiensi saluran pemasaran I sebesar 2,63%, saluran pemasaran II sebesar 11,84%, dan saluran pemasaran III sebesar 18,89%. Berdasarkan hasil penelitian karet di Kecamatan Sentajo Raya saluran I dinilai lebih efisien karena diperoleh nilai efisiensi terkecil, karena semakin kecil nilai efisiensi maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien.
Copyrights © 2023