urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Pengaruh Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja Di Demak

Lutfiana Allisa (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Agus Triyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang berkembang dengan cepat di dunia. Dunia dakwah juga memanfaatkan media sosial guna menjangkau kaum milenial. Pemanfaatan media sosial sebagai media untuk berdakwah telah dilaksanakan oleh banyak pendakwah di Indonesia, salah satunya adalah Husain yang merupakan pendakwah muda dengan menjadikan Tiktok sebagai media dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dakwah di media sosial Tiktok terhadap tingkat religiusitas di Demak. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh remaja di Demak. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 97 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah di media sosial memiliki pengaruh positif terhadap tingkat religiusitas remaja. Dengan demikian, semakin tinggi terpaan tayangan dakwah di media sosial, maka tingkat religiusitas seorang remaja akan turut meningkat.Kata Kunci: Dakwah, Media Sosial, Religiusitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...