Neo-Bis
Vol 7, No 1 (2013): JUNI

MENYIBAK TANGGAPAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA AKUNTAN PENDIDIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Robiatul Auliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini mengangkat fenomena tentang berbagai macam etika akuntan pendidik di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi  Universitas Trunojoyo Madura (FE UTM), baik yang sesuai dengan Prinsip Etika Profesi ataupun tidak sesuai dengan prinsip etika profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan mahasiswa akuntansi tentang pelaksanaan etika yang dilakukan oleh  akuntan pendidik dilingkungan FE UTM.   Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk menggambarkan obyek yang akan diteliti sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Alat analisis penelitian yang digunakan adalah delapan prinsip etika profesi meliputi tanggungjawab profesi, kepentingan publik, integritas, obyektiitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional, standar teknis.    Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan responden, maka akuntan pendidik sudah melaksanakan tanggungjawab profesi, kepentingan publik, integritas, obyektifitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional, standar teknis.

Copyrights © 2013