Jurnal Maklumatika
Jurnal Maklumatika Vol. 5 No. 1 (2018)

ANALISIS PERILAKU DARI PENERAPAN E-LEARNING SECARA TIDAK PENUH TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI WEB EDMODO PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN UTAUT

Assrie Anggoro (Universitas Islam Attahiriyah)
Arisantoso (Universitas Islam Attahiriyah)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Penggunaan perangkat lunak EDMODO sebagai alat bantu penerapan e-learning di Universitas Islam Attahiriyah (UNIAT) diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku terhadap penggunaan EDMODO sebagai alat bantu dari penerapan E-Learning secara tidak penuh pada perkuliahan khususnya dalam proses pengerjaan tugas-tugas perkuliahan oleh mahasiswa dengan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Responden penelitian adalah mahasiswa UNIAT yang menggunakan perangkat perangkat lunak EDMODO dalam proses pengerjaan tugas-tugas perkuliahan. Data dikumpulkan menggunakan metode survey. Data dianalisa menggunakan Structural Equation Model (SEM). Penelitian menunjukkan bahwa Facilitating Condition memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Behavioral Intention. Sedangkan Effort Expectancy,, Social Influence, Hedonic Motivation, Expectancy Performance, Price Value dan Habit tidak memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention. Model penelitian menghasilkan nilai R2 sebesar 0.99 yang memiliki arti bahwa model cukup subtansial untuk memprediksi penerimaan penggunan perangkat lunak EDMODO pada perkuliahan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

maklumatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Publikasi Ilmiah Informatika atau Jurnal Maklumatika diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT. Jurnal maklumatika bertujuan untuk menyalurkan pemahaman tentang pengetahuan dan kemajuan teknologi informasi yang berupa hasil dari penelitian lapangan, ...