Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak 1 Februari 2004 di Jakarta, Indonesia. Jumlah rata-rata harian pengguna Transjakarta diprediksikan sekitar 750.000 orang. Seiring waktu berjalan peningkatan jumlah pelanggan yang semakin banyak sudah tentu akan mempengaruhi pelayanannya seperti: kelebihan penumpang dalam bus (Over capacity), bus kerap ikut terjebak kemacetan lalu lintas meski memiliki jalur khusus, kondisi halte yang kotor dan beberapa layanan di halte yang tidak berfungsi. Sedangkan melihat kondisi dilapangan masih belum adanya kemudahan kepada penumpang untuk menyampaikan aspirasi kepada transjakarta secara cepat walaupun sudah ada nomor call center dan media sosial yang membutuhkan waktu untuk mencari akun yang resmi. Metode penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dan pengujian perangkat lunak dengan pengujian User Acceptance Testing (UAT). Hasil dari penelitian ini adalah Prototype aplikasi Report Buttoon Transjakarta untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhan penumpang bus transjakarta.
Copyrights © 2019