Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan webinar yang mampu meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas (PTK). Selanjutnya juga dapat meningkatkan jumlah partisipasi dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa meningkatkan kapasitas pengelolaan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Harapan terakhir tentunya semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat mencerdaskan anak bangsa. Selain itu juga penulis berharap agar pembaca lebih dapat memahami informasi yang diberikan melalui metode ceramah dan kreativitas lainnya. Metode penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik isi (indepth analysi). Selama webinar dilakukan tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber untuk meningkatkan pemahaman sehingga akan memperoleh hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil kegiatan yang didapat diidentifikasi mengenai tingkat pemahaman dari peserta penelitian tindakan kelas bagi guru adalah bahwa sekitar 70% peserta memahami konsep pengembangan pembuatan laporan PTK, menyusun laporan PTK ini sangat dibutuhkan guru untuk melihat kemampuan dari siswanya
Copyrights © 2023