Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
Vol. 23 No. 1 (2023): JANUARY 2023

Perancangan Game Visual Novel “Freshmen” sebagai Media Edukasi Etika Bermedia Sosial Sekolah Menengah Atas

Andreas Naratama (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)
T. Arie Setiawan Prasida (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)
Jasson Prestiliano (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang digunakan di era modern. Akan tetapi penggunaan media sosial tidak selalu berdampak positif, pelanggaran hukum sering terjadi di media sosial seperti ujaran kebencian dan penyebaran hoax. Kalangan SMA menjadi salah satu kalangan yang rawan menjadi korban atau pelaku pelanggaran di media sosial dikarenakan tingkat emosi yang belum stabil walau sudah dapat berpikir secara kritis. Solusi berupa media pembelajaran berbentuk game edukasi Visual novel berjudul “Freshmen” dikembangkan dengan tujuan untuk mengedukasi siswa SMA akan pentingnya etika dalam bermedia sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah satistik deskriptif. Hasil evaluasi menunjukan bahwa siswa menjadi lebih paham tentang etika dalam bermedia sosial setelah bermain game “Freshmen”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic ...