Jurnal Indonesia Sosial Sains
Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains

Peranan Store Atmosphere, In Store Promotion Dan Visual Merchandise Terhadap Positive Emotion Dan Impulse Buying

Risa Amelia (Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan, Indonesia)
Nuril Huda (Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2021

Abstract

Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini,bisnis ritel farmasi mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh storeatmosphere, in store promotion, dan visual merchandising terhadappositive emotion dan impulse buying. Penelitian ini dilaksanakan diApotek Kimia Farma Unit Bisnis Banjarmasin. Data dikumpulkanmelalui observasi dan wawancara dengan menggunakan kuisioner.Responden yang diambil sebanyak 250 tersebar di Kota Banjarmasin,kota Banjarbaru, kabupaten Pelaihari dan kabupaten Kandangan,Provinsi Kalimantan Selatan. SEM dengan Amos digunakan dalampenelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan store atmosphere, in storepromotion, dan visual merchandising berpengaruh signifikan terhadappositive emotion dan impulse buying. Indikasinya adalah storeatmosphere, in store promotion, dan visual merchandising berperandalam meningkatkan emosi positif dan pembelian impulsif. Penelitianini menyarankan suatu strategi yang dapat dilakukan untukmeningkatkan pembelian secara impulsif, adalah menyediakan contohproduk untuk mineral, suplemen yang dapat dicoba, promosi melaluikupon belanja, memberikan member card dan discount,mengembangkan aplikasi berbasis online, program promosi denganhadiah yang menarik, promosi melalui media sosial denganmenampilkan video testimoni dari pelanggan yang sudah membeli, danpelatihan karyawan.

Copyrights © 2021