Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan aplikasi pengelolaan pemesanan jasa percetakan Adil Grafika berbasis web sehingga dapat mengurangi terjadi keluhan dari pelanggan dan dapat mempermudah perusahaan dalam mengelola data, mencari data, dan membuat laporan. Percetakan Adil Grafika seringkali mengalami banyak kendala dalam proses bisnisnya, yaitu sering terjadi overlapping dari data pesanan pelanggan dimana pelanggan melakukan pemesanan terlebih dahulu, pesanan diproses kemudian sering terjadi ketidak sesuaian pesanan pelanggan produk dengan produk yang diterima pelanggan. Banyaknya komplain dari pelanggan mengenai keterlambatan pengiriman produk ke pelanggan dikarenakan salah dalam melihat tulisan yang kurang jelas di SPK (Surat Perintah Kerja), serta banyaknya keluhan pelanggan tentang kesalahan total pembayaran yang harus dibayar oleh pelanggan. Dengan berbagai permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi pemesanan sehingga dapat mengelola data perusahaan percetakan Adil Grafika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara observasi sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasilnya dari penelitian adalah perancangan aplikasi pengelolaan pemesanan jasa percetakan Adil Grafika berbasis web.
Copyrights © 2022