HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2020): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP)

F. Fahruddin (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji evaluasi program pembelajaran sejarah di SMA dengan model CIPP yang terdiri dari evaluasi konteks, masukan, proses dan produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi dokumen atau teks dengan menganalisis bahan tertulis sesuai dengan konteks kebutuhan evaluasi pembelajaran. Model CIPP menawarkan pelaksanaan evaluasi secara komprehensif yang dinilai tepat diterapkan dalam program pembelajaran sejarah. Model CIPP dalam penelitian ini meliputi konteks yang diterapkan pada kesadaran sejarah, masukan diterapkan pada kinerja guru, proses diterapkan pada media pembelajaran, dan produk diterapkan pada sikap nasionalisme. Hasil dari evaluasi model CIPP mampu menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi yang dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru sejarah dan kepala sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of ...