HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 11, No 1 (2023): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Henny Rosa Putri (Yogyakarta State University)
Rhoma Dwi Aria Yuliantri (Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)
Hudaidah Hudaidah (Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2023

Abstract

Buku digital adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Ogan Ilir adalah produk yang belum ada dan perlu dikembangkan sehingga dapat menjadi inovasi untuk sekolah ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kevalidan buku digital dinilai oleh tiga pakar yakni ahli materi, media, dan bahasa. Buku digital Kerajaan Sriwijaya menggunakan flip book maker valid dan efektif. Hasil dari validitas mendapatkan nilai 4,03 masuk kategori valid. Efektifitas ditunjukkan dari hasil field test yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34,41% sehingga diperoleh dari N-gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of ...