Humanistika : Jurnal Keislaman
Vol 9 No 1 (2023): Januari

Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Yuanita Widiastuti (Universitas Islam Malang)
Linda Laila Zahas Fana (Universitas Islam Malang)
Muhibbin (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini menjabarkan pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif pendidikan Islam. Metode dalam penelitian ini tinjauan pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber yang berhubungan dengan topik pembelajaran berdiferensiasi dan pendidikan Islam melalui buku, jurnal, dan internet. Tinjauan pustaka ini menggunakan referensi yang terbit pada tahun 2014-2022 yang diakses dalam bentuk teks penuh dalam format pdf dan scholarly. Hasil penelitian secara konseptual mengungkapkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan cara belajarnya masing-masing selaras dengan tujuan pendidikan Islam. Pembelajaran berdiferensiasi menumbuhkan ruh ilmiah pada diri siswa dengan pemahaman materi yang berlandaskan pada profil belajar. Komponen pembelajaran berdiferensiasi yang terdiri dari isi, proses, produk, dan lingkungan belajar merupakan pola umum yang di dalamnya memuat komponen khusus dalam pendidikan Islam. Aspek pendukung pembelajaran berdiferensiasi merupakan pemerian dari hakikat tujuan pendidikan Islam. Ulasannya merupakan cerminan kegiatan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

humanistika

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Humanistika is an Islamic journal belonging to the Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo. Humanistika is a journal that contains scientific works related to thoughts or research in the Islamic field. The existence of the journal Humanistika is certainly very important in ...