Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 5 No 2 (2022): Sustainable

Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta

Syarifah Syarifah (Universitas Darussalam Gontor)
Saepul Anwar (Universitas Darussalam Gontor)
Heru Saiful Anwar (Universitas Darussalam Gontor)
Alwi Yusron (Universitas Darussalam Gontor)
Destianingsih Destianingsih (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman pendidikan agama di sekolah serta lingkungan masyarakat yang kurang memadai terlaksananya pendidikan agama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa 1). Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP Bina Anak Sholeh boarding school Yogyakarta berupa pendidikan tauhid shahih yang itba‟ kepada rasul dan sahabat. Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP bina anak sholeh boarding school terintegrasi kedalam kurikulum, yaitu dengan mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum yayasan, dengan materi tambahan yaitu kitab burhan, nahwu shorof, tahfidzul qur‟an dan tahsinul qiroah dengan pembelajaran tauhid (kitab burhan) menjadi pembelajaran utama sebagai kurikulum yayasan, dengan menggunakan berbagai metode antara lain: (a). ceramah. (b). demonstrasi (c). diskusi. (d). simulasi (e). pengalaman lapangan. (f). halaqoh (g). sima‟an dan (h). tanya jawab, yang dilaksanakan pada corekurikuler,, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. 2). faktor pendukung implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta adalah sebagai berikut: (a) sumber daya manusia yang memenuhi kompetensi. (b). adanya pembinaan guru-guru SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta.(c). Mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. d). bersistem boarding school (pesantren). sedangkan faktor penghambat dalam implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta antara lain adalah: a). guru kurang menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. b). latar belakang siswa yang berbeda-beda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...