Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penanaman pendidikan agama di sekolah serta lingkungan masyarakat yang kurang memadai terlaksananya pendidikan agama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, hasilnya menunjukkan bahwa 1). Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP Bina Anak Sholeh boarding school Yogyakarta berupa pendidikan tauhid shahih yang itba‟ kepada rasul dan sahabat. Implementasi sistem pendidikan tauhid di SMP bina anak sholeh boarding school terintegrasi kedalam kurikulum, yaitu dengan mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum yayasan, dengan materi tambahan yaitu kitab burhan, nahwu shorof, tahfidzul qur‟an dan tahsinul qiroah dengan pembelajaran tauhid (kitab burhan) menjadi pembelajaran utama sebagai kurikulum yayasan, dengan menggunakan berbagai metode antara lain: (a). ceramah. (b). demonstrasi (c). diskusi. (d). simulasi (e). pengalaman lapangan. (f). halaqoh (g). sima‟an dan (h). tanya jawab, yang dilaksanakan pada corekurikuler,, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. 2). faktor pendukung implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta adalah sebagai berikut: (a) sumber daya manusia yang memenuhi kompetensi. (b). adanya pembinaan guru-guru SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta.(c). Mengkolaborasikan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. d). bersistem boarding school (pesantren). sedangkan faktor penghambat dalam implementasi sistem pendidikan tauhid yang diterapkan di SMP bina anak sholeh boarding school yogyakarta antara lain adalah: a). guru kurang menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. b). latar belakang siswa yang berbeda-beda.
Copyrights © 2022