Jurnal Informasi dan Teknologi
2022, Vol. 4, No. 4

Implementasi Perbandingan dan Optimalisasi Teknik 3D Rendering pada Objek Animasi Profil Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon

Syahputra, Hendri (Unknown)
Saputra, Mahmuda (Unknown)
Wijaya, Buge Cipta (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Daya tarik animasi 3D menjadi sebagai sarana media informasi seperti pembuatan film, poster dan video iklan menjadi populer saat ini. Salah satu Program aplikasi opensource untuk mendukung pembuatan animasi seperti perangkat lunak Blender dalam teknik 3D rendering pada profil fakultas teknik Universitas Gajah Putih Takengon, khususnya perbedaan kualitas dan waktu rendering antara cycles dan eevee, tahap untuk menghasilkan sebuah karya animasi dibutuhkannya pengumpulan data praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi menggunakan teknik cycles dan eevee. Kualitas dan waktu rendering animasi yang dihasilkan tentunya berbeda antara yang dibuat menggunakan komputer rumahan dan yang dibuat dengan komputer studio professional, hal ini dikarenakan komputer rumahan tidak akan sanggup merendring animasi jika mengikuti cara yang digunakan seperti komputer studio professional, oleh karena itu blender menyediakan dua pilihan rendering engine pada aplikasinya yaitu “EEVEE” dan “CYCLES” agar pengguna dapat memilih sendiri teknik rendering seperti apa yang bisa diterapkan. Dengan teknik tersebut untuk mengetahui hasil kuantitas dan kualitas rendering seperti apa yang lebih efesien dalam penggunaan teknik tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jidt

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informasi & Teknologi media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Rekayasa Sistem, Teknik Informatika/Teknologi Informasi, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari ...