Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan Strategi Nasional Pengembangan e-government, adalah salah satu upaya dalam pengembangan penyelengaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efesien. Semakin baik kapasitas yang dimiliki SDM dalam penguasaan e-government maka semakin baik pula output yang akan dihasilkan, berlaku pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan e-government berbasis Aplikasi Sistem Informasi Arsip Dinamis (SIMARDI) terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Bukit Bestari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa aplikasi SIMARDI berperan sebagai pengelolaan kearsipan, mulai dari proses data entri surat masuk dan keluar, retensi arsip dan bentuk-bentuk laporan yang berkaitan dalam pengolahan arsip. Aplikasi SIMARDI ini juga mengurangi resiko arsip rusak dan hilang serta kemudahan dalam menemukan kembali arsip lama yang tersimpan dalam sistem. Sebelum menggunakan SIMARDI memerlukan penanganan estimasi waktu sekitar 8-10 menit untuk satu surat, namun setelah menggunakan SIMARDI, waktu yang dibutuhkan untuk pendisposisian satu surat hanya memerlukan waktu tak kurang dari 3 menit saja. Hal ini menjadikan kinerja pegawai lebih optimal dan pelayanan yang diberikan pun memuaskan.
Copyrights © 2022