Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN I Simpang Keuramat sebanyak 40 siswa terbagi menjadi dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran dengan metode SQ3R dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang pembelajaran secara konvensional. Teknik analisis data meliputi: (1) uji normalitas data yaitu untuk mengetahui apakah data yang diperoleh berdistribusi normal atau tidak (2) uji homogenitas data yaitu untuk mengetahui homogen tidaknya kedua data, data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Levene pada taraf signifikansi 0,005, dan (3) uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan SPSS for window Versi Standar 17.0. Pengaruh penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran memahaman bacaan pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode SQ3R sangat meningkat dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran memahami bacaan dengan metode SQ3R, berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata N-gain dengan taraf signifikasi yaitu: sig. 0,001 < 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa tercapainya tujuan pembelajaran bila dalam pembelajaran tersebut menggunakan metode yang tepat.
Copyrights © 2018