Khazanah : Journal of Islamic Studies
Volume 2 Nomor 1 Februari (2023)

Pengembangan Sumber Belajar Melalui Literasi Pada Bidang Study Aqidah Akhlak Untuk Menambah Semangat Belajar Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan Islam MI Al Aslamiyah Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

Kasuwi, Tri Fahad Lukman Hakim (Insitut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendiskripsikan pengembangan Sumber belajar; pelaksanaan Pengembangan sumber belajar dengan Literasi; dan kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pengembangan sumber belajar melalui literasi di MI Al Aslamiyah Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitilaan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara.Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Peserta didik,guruAqidah Akhlak kelas V MI Al Aslamiyah Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik. Obyek penelitian adalah pelaksanaan pengembangan sumber belajar, dan hambatan yang dialami guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan sumber belajar. Hasil penelitian pengembangan sumber belajar melalui literasi di MI Al Aslamiyah Kecamatan Benjeng kabupaten Gresikmenunjukkan bahwa : Pelaksaan pengembangan sumber belajar melalui literasi pada bidang study aqidah akhlak di sesuaikan pada materi pembelajaran, Pengembangan sumber belajar dilakukan agar peserta didik semangat dalam belajar dan hambatan guru Aqidah Akhlak kelas V MI Al Aslamiyah Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik dalam mengembangkan sumber belajar melalui literasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jelr

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Fokus penerbitan artikel riset pada jurnal Khazanah : Journal of Islamic Studies : 1. Ilmu-Ilmu Keislaman 2. Pendidikan Islam 3. Pemikiran Islam 4. Hukum Islam 5. Islam politik 6. Ekonomi Islam 7. Ilmu dakwah 8. Komunikasi ...