Seminar Nasional Ilmu Terapan
Vol 3 No 1 (2019): Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2019

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI METODE STUDENT-CENTERED LEARNING, COOPERATIVE LEARNING, CASE-BASED LEARNING PADA PERKULIAHAN AKUTANSI PERILAKU: STUDI KASUS STIE DHARMA PUTRA DAN AMIK JTC SEMARANG

Muthmainnah, Siti (Unknown)
Pitoyo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Prestasi pembelajaran yang diperoleh mahasiswa adalah kemampuan yang didapatkan seorang mahasiswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran. Rendahnya timgkat pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang dilakukan mengakibatkan penilaian prestasi belajarnya kurang optimal. Kurangnya tingkat pemahaman pada setiap mata kuliah menyebabkan mahasiswa kesulitan memecahkan kasus-kasus yang diberikan oleh dosen. Penilaian kualitas proses pembelajaran didalam dunia pendidikan pertama dapat diukur pada perkembangan sikap dasar meliputi sikap kritis didalam akademis ilmiah dan kesediaan untuk selalu mencari kebenaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh dari penerapan Metode Case Based Learning, Student Centered Learning dan Cooperative Leaning terhadap tingkat pemahaman Mahasiswa didalam prosespembelajaran Akuntasi Keperilaku. Penelitian ini menggunakan Variabel independen yaitu Pemahaman mahasiswa dan variabel dependen yaitu Case Based Leaning (X1), Student-Centered Leaning(X2) dan Cooperative Learning (X3). Alat Analisis data dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas, UjiNormalitas Residual, Uji Multikolonieritas, Uji Heterokedastisitas, Statistik Deskriptif Variabel, Uji Signifikansi Simultan (Uji Statistik F), Uji Koefisien Determinasi, Uji Signifikan Parameter Individual (Uji Statistik t), dan Uji Regresi. Penelitian ini menghasilkan luaran meliputi Artikel Ilmiah di muat dijurnal Nasioan ber ISSN, Draft bahan ajar dalam perkuliahan, Nara sumber temu ilmiah (Prosiding), dan tingkat kesiapan teknologi bernilai.

Copyrights © 2019