Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 19, No 2 (2022): Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

Landasan Filosofis dan Teori Pendidikan Sejarah dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Karya Ratna Hapsari dan M. Adil

Iis Husnul Hotimah (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Artikel ini ditulis didasarkan pada buku teks yang memiliki fungsi sebagai sumber belajar siswa. Sehingga buku teks harus diformulasikan dengan berbagai macam teori khususnya teori pendidikan untuk buku teks sejarah. Dalam pembelajaran sejarah, buku teks bukan hanya berisi mengenai fakta-fakta atau penjelasan peristiwa, namun buku teks sejarah juga harus dikembangkan berdasarkan landasan filosofis dan teori pendidikan sejarah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur landasan filosofis dan teori pendidikan dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menguraikan data mengenai landasan filosofis dan teori pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan filosofis dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil menggunakan aliran filsafat Progresivisme dan aliran filsafat Rekonstruksionisme, sementara teori yang digunakan dalam buku tersebut adalah Teori Kognitif dan Teori Konstruktivisme.Kata Kunci: Landasan Filosofis, Teori Pembelajaran, Buku Teks Sejarah

Copyrights © 2022