Integral : Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2021): INTEGRAL

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PPEP BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MAHASISWA MATEMATIKA

Edi Prio Baskoro (Unknown)
sirojudinS Wahid (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Onwardono Rit Riyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Proses pembelajaran adalah serangkaian kegiatan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran. Seorang pendidik/calon pendidik harus mengetahui konsep serta aplikasi proeses pembelajaran ini. Perancangan buku ajar dalam penelitian ini guna mendukung pegetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam memahami proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas, keefektifan, dan respon terhadap buku ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual (CTL). Desain penelitian menggunakan true experimental design. Instrumen Penelitian yang digunakan angket validasi, tes hasil belajar, dan angket respon dan wawancara. Teknik Analisis Data: Statistik Deskriptif Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual (CTL) berhasil dikembangkan dan telah divalidasi. Hasil validasi pengembangan bahan ajar PPEP dengan pendekatan kontekstual rata-rata 4,2. Hasil belajar mencapai ketuntasan lebih dari 75% dengan kriteria ketuntasan minimum sebesar 85. Respon mahasiswa tergolong memuaskan/sangat baik. Bahan ajar PPEP dapat membantu pemahaman belajar mahasiswa. Hasil validasi dan respon mahasiswa bahwa buku ajar masih memiliki kekurangan dalam hal desain, ilustrasi, dan soal kontekstual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...