Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
Vol 7, No 1 (2022)

MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL ASWAJA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NU INDRAMAYU

muhamad Fajriansyah (PASCASARJANA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Seiring meningkatnya banyak kejadian pada bangas Indonesia, antara lain tingginya tingkat kriminalitas, korupsi, penegakan hukum yang jauh dari keadian dan terorisme. Menunjukan bahwa pendidikan di negara kita sedang tidak baik-baik saja. Krisis moral dan etika serta kepercayaan diri telah mendasari berbagai perbuatan tersebut. Berdasarkan kenyataan tersebut, bahwa nilai moral dan etika sangat dibutuhkan di negara kita, maka pelaksanaan pendidikan muatan lokal yang berkaitan dengan karakter peserta didik sekiranya mampu membangun bangsa yang berkarakter. Karena pelaksanaan muatan lokal sangat memperhatikan nilai etika, moral serta penjagaan nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen kurikulum muatan lokal Aswaja di Madrasah Aliyah NU Indramayu. Kurikulum muatan lokal Aswaja yang diterapkan di Madrasah Aliyah NU Indramayu, ini mengikuti langkah-langkah manajemen yang dikenal dengan fungsi-fungsi manajemen diantaranya POAC[1]. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggambarkan bagaimana proses manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah NU Indramayu dari awal hingga akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan tiga langkah, yaitu observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya menunjukan bahwa : 1) Perencanaan kurikulum muatan lokal Aswaja di MA NU Indaramayu dengan menetapkan mata pelajaran, menetapkan guru pengampu, menetapkan sumber dana dan sumber belajar, 2) Pelaksanaan kurikulum meliputi, mengkaji silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, mempersiapkan penilaian 3) Evaluasi kurikulum meliputi, evaluasi program muatan lokal, evaluasi hasil muatan lokal. Namun dalam perjalanannya strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam kurikulum muatan lokal belum berjalan maksimal karena masih sering pergantian guru pengampu untuk mata pelajaran muatan lokal, serta kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan prangkat pembelajaran. Kepala madrasah kurang berinovasi dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal dan metode belajar yang diterapkan dan kurang dalam pengawasan pelaksanaan kurikulum muatan lokal Aswaja.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

oasis

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal OASIS adalah jurnal ilmiah kajian Islam dibawah pengelolaan program pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan ...