PT. XYZ merupakan salah satu ISP terintegrasi dan perusahaan infrastruktur digital di indonesia. Perusahaan berfokus pada kualitas layanan, PT. XYZ mengutamakan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan dan mampu memberikan pelayanan dengan baik kepada pelanggan. Oleh karena itu PT. XYZ selalu mengadakan pelatihan dan sertifikasi setiap tahunnya kepada hampir seluruh karyawannya. Selain untuk menjaga dan meningkatkan kualitas SDM yang ada, hasil pelatihan dan sertifikasi ini juga menjadi pertimbangan besar bagi perusahaan untuk melanjutkan kontrak kerja karyawan tersebut atau tidak. di era Covid 19 PT. XYZ menerapkan sistem online untuk pelatihan dan sertifikasi, kemudian dilakukan ujian dengan menggunakan media website ujian online dan menggunakan software pendukung pihak ke-3 yaitu Safe Exam Browser. ditambah lagi agar tidak ada kecurangan, divisi trainer memantau melalui CCTV atau melalui kamera ponsel peserta ujian yang tergabung dalam pertemuan kelompok daring. Sebagai upaya untuk meminimalkan risiko kecurangan, dilakukan analisis risiko. Penelitian ini menggunakan metode OCTAVE-Allegro sebagai panduan dalam menilai risiko. Metode ini terdiri dari 4 fase dengan 8 langkah serta dilengkapi dengan lembar kerja, petunjuk dan kuisioner. Dalam penelitian ini terlihat bahwa area yang paling penting adalah aset informasi krusial yang dimiliki oleh PT. XYZ. Hasil penelitian ini mengidentifikasi 5 masalah yang diidentifikasi kemudianditerapkan pendekatan mitigasi sesuai dengan skor relative risk diperoleh hasil mitigasi 3, penangguhan 1 dan accept 1.
Copyrights © 2022