Islam & Contemporary Issues
Vol. 1 No. 2 (2021)

Pemikiran Al-Ghazali Dalam Konsep Pendidikan Tasawuf

Suhardi (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Tasawuf sebagai suatu Ilmu yang mempelajari cara dan jalan bagaimana seorang Muslim berada sedekat mungkin dengan Allah, dapat dibedakan kepada tasawuf Amali/Akhlaqi dan tasawuf Falsafi. Dari pengelompokan ini tergambar adanya unsur-unsur ke filsafatan dalam ajaran tasawuf, seperti penggunaan logika dalam menjelaskan maqomat (al-fana-al-baqa, ittihad, hulul, wahdat al-wujud). Objek tasawuf pada dasarnya mengenal Allah, baik dengan jalan ibadah maupun melalui ilaham dan intuisi. Karena itu sufi disebut disebut juga al-ubbad (ahli ibadat) dan al-zuhhdad (ahli zuhud). Dengan menempuh jalan mujahadah (pengekangan hawa nafsu) dan musyahadah (pandangna batin), serta berbicara dengan bahasa intuisi dan pengalaman batin, Allah kemudian menancapkan kedalam jiwa manusia ketika bersih prihal ma’rifah dan hakikat-hakikat maujud. Tasawuf merupakan sisi batin dari ajaran Islam, sementara sisi lahirnya adalah syariah, yang mengandung hukum-hukum keagamaan formal, mengenai apa yang harus apa yang harus dilakukan oleh seseorang (wajibat), serta apa yang seharusnya tidak dilakukan (nahiyat). Tasawuf selain mengisi sisi batiniah dari syariah juga memberikan makna tentang bagaimana hidup bertuhan dengan benar. Dalam konteks ini, tasawuf meberikan penegasan bahwa hidup tanpa memiliki hubungan yang yang harmonis dengan tuhan, adalah hidup yang kosong dan hampa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ICI

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Islam & Contemporary Issues is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on empirical research in the field of Islamic studies. It is open to academics, students, researchers, and practitioners interested ...