Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada penyelesaian soal tipe Numerasi AKM berdasarkan Tahapan Polya yang dilakukan siswa SMP di 12 seluruh cabang sekolah Al Wildan Islamic School yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al Wildan Islamic School. Sampel penelitian berjumlah 389 siswa kelas VIII di 12 seluruh cabang sekolah Al Wildan Islamic School yang sekolah ditentukan dengan purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dengan memanfaatkan soal tipe Numerasi AKM yang berjumlah 12 pertanyaan jenis uraian (estimasi reliabilitas sebesar 0,668). Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan skor rata-rata, simpangan baku, skor tertinggi dan terendah, dan persentase menjawab benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII di SMP Al Wildan Islamic School pada penyelesaian soal tipe Numerasi AKM berdasarkan Tahapan Polya berada pada kategori rendah. Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari indikator memahami masalah berada pada kategori rendah, pada indikator merencanakan pemecahan dan menafsirkan jawaban berada pada kategori sangat rendah. Sementara itu, pada indikator melaksanakan rencana berada pada kategori sedang. Kata kunci: Aljabar, AKM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Tipe Numerasi.
Copyrights © 2021