Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Mathematics self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs. Daar El-Qolam 4 kelas VIII yang berjumlah 180 siswa dengan sampel penelitian 90 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4, dengan diperoleh fhitung = 385,685 ftabel= 4.20 dengan p = 0,00 0,05 dan thitung = 19.639 ttabel =  1.701 dengan p = 0,00 0,05. Artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self efficacy maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4 akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan keyakinan diri dan semangat siswa dalam belajar yang lebih baik.Kata kunci: Mathematics self efficacy, Prestasi belajar matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020