Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2023): FEBRUARI 2023

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL (SERVICE QUALITY) TERHADAP PELAYANAN JASA PEMINJAMAN DANA

Asih Setyo Rini (Universitas Bina Bangsa)
Ahmad Padhil (Universitas Muslim Indonesia)
Anis Saleh (Universitas Muslim Indonesia)
Kurniawan Anugrah (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Makassar merupakan salah satu perusahaan di bidang pelayanan peminjaman dana maupun pengkreditan barang. Pelayanan peminjaman yang diberikan oleh perusahaan sebagai usaha dalam memenuhi kepentingan umum maupun kepentingan perorangan dengan kualitas pelayanan yang dapat memberikan kepuasaan kepada konsumen. Tingkat pelayanan dan kepuasan konsumen sebagai salah satu aspek penting dalam perusahaan ini, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen serta tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi tersebut dengan metode SERVQUAL (Service Quality). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) masih sangat perlu meningkatkan kualitas pelayanan agar harapan konsumen dapat terpenuhi, terlihat dari hasil pengisian kuesioner dengan persentase nilai harapan masih lebih tinggi dibandingkan dengan nilai persepsi setiap dimensi. Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pada setiap dimensi menunjukkan nilai bukti fisik (tangible) 93,46%, keandalan (realibility) 94,38%, daya tanggap (responsiveness) 94,82%, jaminan (assurance) 91,27%, empati (empaty) 95,76% nilai rata rata 94%, artinya tingkat kepuasan baru memenuhi 94% dari harapan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Servqual (Service Quality), GAP, Ekspektasi, Persepsi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmrib

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Manajemen Rekayasa ITEBA. jurnal ilmiah ini open access dan peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari). bertujuan untuk mencapai teori dan aplikasi mutakhir. Jurnal ini merupakan ...