Pendidikan sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagai institusi pendidikan resmi, sekolah menjadi tempat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kegiatan pendukung lainnya. SMK Mutiara Insani Cibinong, sekolah menengah kejuruan swasta di Jawa Barat, berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas. Pengelolaan kegiatan akademik sangat penting untuk mempertahankan kualitas ini, termasuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi siswa. Namun, sekolah ini menghadapi tantangan dalam mengelola data akademik, khususnya dalam pemantauan dan evaluasi proses belajar. Studi ini menggunakan metode deskriptif untuk menghasilkan sistem informasi akademik yang membantu pelaksana pendidikan mengidentifikasi bidang yang perlu ditingkatkan, melakukan evaluasi periodik, dan mengambil langkah strategis guna meningkatkan kualitas pendidikan. Sistem ini menyediakan fitur seperti Data Siswa, Data Guru, Data Kelas, Data Jurusan, Data Mata Pelajaran, dan Data Nilai, memudahkan guru dalam menginput nilai dan membuat laporan, serta mengoptimalkan kinerja guru. Proses perhitungan nilai dijelaskan dalam diagram rinci level 3, yang terhubung dengan tabel relasi ERD. Kemudian, User Acceptance Test (UAT) memastikan sistem sesuai kebutuhan pengguna dan berfungsi dengan baik. Melalui UAT, sistem diharapkan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data akademik, serta membantu semua pihak terkait mengakses informasi relevan. Tingkat kepuasan pengguna mencapai >= 94%, menandakan keberhasilan sistem yang dikembangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023