Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol 1 No 3 (2023): Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Stereotip Maskulinitas Pria Melalui Representasi Tayangan Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Head & Shoulders Versi Joe Taslim x Fadil Jaidi)

Azhar Pratama, Muhammad Anggi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terdapat pada iklan Head & Shoulders versi Joe Taslim x Fadil Jaidi di kanal Youtube Head & Shoulders Indonesia pada tahun 2022, dengan menggunakan model analisa semiotika Roland Barthes yang membahas stereotip maskulinitas pria melalui representasi tayangan iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsep terkait dengan stereotip maskulinitas diantaranya adalah: stereotip maskulinitas pria dalam iklan Head & Shoulders versi Joe Taslim x Fadil Jaidi menunjukkan bahwa “Pria Sebagai Sosok yang Aktif di Ranah Publik”; “Pria Sebagai Sosok yang Jantan/ Macho”, “Pria Sebagai Sosok yang Dominan dan Sukses”, dan “Pria Masa Kini Menjaga Penampilan”. Iklan Head & Shoulders versi Joe Taslim x Fadil Jaidi ini juga menampilkan dan menyajikan sebuah konsep terkait dengan new masculinity dimana hal ini menjadi sebuah konstruksi di tengah masyarakat mengenai konsep maskulinitas yang baru pada sosok laki-laki. Visualisasi yang tampak baru ini menyajikan sebuah penggambaran laki-laki maskulin saat ini yang mana terdapat pergeseran dari konsep maskulinitas yang bersifat lebih konservatif seperti di masa-masa sebelumnya. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala 3 kali dalam setahun, Juni, Oktober dan Februari. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang berbagai disiplin ilmum yang meliputi Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Komunikasi, Teknik, dan Informatika dan ditulis ...