Majalah Pembelajaran Geografi
Vol 6 No 1 (2023)

Analisis Tingkat Kerawanan Banjir Bandang dengan Metode Analytical Hierarchy Process di Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Tania Rahmanizah (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia)
Sri Kantun (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia)
Muhammad Asyroful Mujib (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia)
Y. Yushardi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia)
Era Iswara Pangastuti (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2023

Abstract

Banjir bandang merupakan jenis banjir yang sangat berbahaya dikarenakan banjir jenis ini akan mengangkut segala material baik bongkahan batu sampai pohon. Banjir bandang biasanya terjadi di daerah pegunungan akibat dari gundulnya hutan yang menyebabkan terbentuknya bendungan alami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerawanan bencana banjir bandang menggunakan metode AHP di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang dilakukan menggunakan 10 titik lokasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) kemudian dilakukan weighted overlay untuk menentukan hasil akhir dari proses AHP yang dilakukan menggunakan software ArcGis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai bobot penliaian AHP pada setiap parameter dengan bobot paling tinggi yaitu curah hujan dengan bobot 38% dan tutupan lahan dengan bobot 24%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PGEO

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Majalah Pembelajaran Geografi (E-ISSN : 2622-125X) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel pada bidang : (1) Pendidikan Geografi, (2) Ilmu Geografi (3) Sistem Informasi Geografis, dan (4) Penginderaan ...