JURNAL MANAJEMEN
Vol 7 No 3 (2022): JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN)

IMPLEMENTATION OF THE PROMOTIONAL MIX STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE SALES VOLUME ON MSMEs IN THE TIME OF THE COVID-19 PANDEMIC

Agung Indra Lesmana (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Kafa Bayu Ismoyo (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Hadiah Fitriyah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi bauran promosi yang diterapkan pada UMKM Butik Zakiah Hijab Solution dalam meningkatkan volume penjualan di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di masa pandemi Covid-19 UMKM Butik Zakiah Hijab Solution memfokuskan lebih pada promosi pada media digital (online) untuk dapat meningkatkan penjualan butik.  Strategi online yang diterapkan di UMKM Butik Zakiah Hijab Solution memiliki 2 metode yakni metode secara promosi yang non berbayar seperti Instagram, Facebook, TikTok dan metode yang berbayar seperti Shopee dan OLX. Adanya promosi dan bonus yang dilakukan dalam market online dapat meningkatkan volume penjualan. Strategi personal selling yang diterapkan UMKM Butik Zakiah Hijab Solution mengedapankan pelayanan yaitu saat berkomunikasi dengan konsumen. UMKM Butik Zakiah Hijab Solution dalam mempromosikan produknya yaitu Butik mendapatkan penjualan serta mengalami peningkatan penjualan dengan menerapkan tiga strategi promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, dan personal selling.       Abstract (11 pt) This study aims to reveal and describe how the implementation of the promotional mix strategy applied to the Zakiah Hijab Solution Boutique MSME in increasing sales volume during the Covid-19 pandemic. This research method uses descriptive qualitative research methods. The results of this study indicate that during the Covid-19 pandemic, MSME Boutique Zakiah Hijab Solution was more focused on promotion in digital media (online) to increase boutique sales. The online strategy applied to MSMEs Zakiah Hijab Solution Boutique has 2 methods, namely free promotion methods such as Instagram, Facebook, TikTok and paid methods such as Shopee and OLX. The existence of promotions and bonuses carried out in the online market can increase sales volume. The personal selling strategy implemented by UMKM Boutique Zakiah Hijab Solution prioritizes service, namely when communicating with consumers. MSME Boutique Zakiah Hijab Solution in promoting its products, namely boutiques get sales and increase sales by implementing three promotional strategies, namely advertising, sales promotion, and personal sellingletters.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpim

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

MANAJEMEN mencakup: 1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Strategic 3. Manajemen Sumber Daya Manusia 4. Manajemen Produksi 5. Manajemen Keuangan ...