YUME : Journal of Management
Vol 5, No 1 (2022)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Dan Giro Kota Gorontalo

Rahmawati Wahidji (Department of Management, Faculty of Economic, Universitas Negeri Gorontalo)
Tineke Wolok (Unknown)
Ramlan Amir Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo, 2) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel sampel menggunakan probability sampling yaitu sebanyak 45 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai thitung 3.941 > ttabel 1.681, 2) harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai thitung 3.722 > ttabel 1.681, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan Fhitung 114.276 > Ftabel 3.22 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kualitas pelayanan dan harga secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro kota Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 84,9%, dapat disimpulkan bahwa 3) kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro kota Gorontalo sedangkan sisanya 15,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...